MEMELIHARA DELTA UNTUK LINGKUNGAN

MEMELIHARA DELTA UNTUK LINGKUNGAN
          Indonesia memiliki delta subur yang banyak jumlah nya.Delta subur yang terdapat di indonesia antara lain:Ciliwung,Batang hari,Mahakam,Makassar,Brantas,dan penting sebagai insiator pelestarian delta di tingkat global.Ketahanan delta dunia yang mumpuni merupakan kata kunci untuk masa depan peradaban umat manusia.
         Hal tersebut dapat kita buktikan dengan adanya kasus banjir yang terjadi di BANGKOK,THAILAND.kasus banjir tersebut terjadi akibat daerah delta CHAO PRAYA mengalami kerusakan.kerusakan delta tersebut menjadi mimpi buruk bagi 2 juta orang yang tinggal di THAILAND.masalah kerusakan delta CHAO PRAYA hingga kini  belum teratasi.
         Delta dan dataran rendah adalah wilayah paling produktif.di daerah delta kaya sumber daya lingkungan dan potensi ekonomi yang kuat.delta menjadi daerah pusat perkembangan berbagai inovasi,keanekaragaman hayati,produktivitas industri,dan pertanian.delta menjadi suatu yang diperlukan mengingat sekitar setengah dari penduduk dunia hidup di delta.
         Delta merupakan bagian yang rapuh dari bumi.penyebab kerapuhan tersebut karena lebih dari 50% dari populasi seluruh dunia saat ini tinggal di perkotaan yang berada di lingkungan delta. Menuru PBB,lebih dari dua pertiga kota-kota besar di dunia termasuk  JAKARTA sangat rentan terhadap naik nya permukaan air laut.oleh sebab itu,kesadaran masyarakat kota-kota pesisir besar harus senantiasa menjaga delta harus di tingkatkan.
         Potensi dampak dari perubahan iklim pada kota-kota pesisir menjadi perhatian dunia.perubahan iklim di kota-kota besar juga menjadi pemahaman bersama di antara para pengambil keputusan.perubahan iklim dan kenaikan air laut dapat memperburuk terjadinya resiko banjir dan badai.perubahan iklim juga  berpengaruh terhadap kondisi ekonomi yang di perkirakan akan meningkat dalam dekade depan.

0 komentar:

Posting Komentar