Petani Tambak



      Di sekitar tempat tinggal ku,banyak masyarakat yang mempunyai tambak.baik tambak produktif maupun tambak  nonproduktif.tambak-tambak ini,biasa nya di panen 6bulan atau 8bulan 1x.namun,tambak dekat rumah ku,termasuk tambak nonproduktif.
        Karena,sistem pengairan nya di dapat  dari air laut.begitu juga dengan isi tambak.ikan-ikan itu,masuk melalui pintu tambuk yang tersalur langsung ke laut.biasa nya kalau air laut pasang,pintu tambak ini di buka,agar air beserta ikan nya bisa masuk ke dalam tambak.
        Bila air surut,cepat-cepat pintu tambak di tutup agar ikan-ikan yang terdapat dalam tambak tidak keluar ikut arus air.tambak-tambak ini biasa nya di jaga oleh 2 orang,1 orang berjaga saat siang dan yang lain,pada saat malam.kedua orang ini berjaga secara bergantian.
         Kedua nya,bertugas mengontrol air jika air sedang pasang maupun sedang surut.serta bergantian membersihkan tambak dari sampah-sampah yang berasal dari laut.dan meninggikan tanah tambak ketika terjadi longsor yang di sebab kan oleh air  laut.
          Ketika saat panen,pemilik tambak memanen terlebih dahulu tambak nya.setelah dirasa cukup,baru masyarakat  sekitar tambak,ikut  turun memanen tambak.

0 komentar:

Posting Komentar