MEMBUDAYAKAN CINTA LINGKUNGAN HIDUP MELALUI DUNIA PENDIDIKAN

MEMBUDAYAKAN CINTA LINGKUNGAN HIDUP MELALUI DUNIA PENDIDIKAN
        Alam bukan hanya sumber kehidupan,melainkan sahabat dan guru yang telah banyak mengajarkan banyak hal bagi saya.dari alam saya menemukan falsafah hidup,membangun religiotas,dan pola hidup seperti yang saya anut hingga kini.berbagai peristiwa tragis akibat kerusakan lingkungan sudah terlanjur terjadi.
        Slogan MEMBANGUN TANPA MERUSAK LINGKUNGAN yang duli pernah gencar dilontarkan,kini hanya menjadi sloga belaka.Lingkungan hidup yang disemaikan melalui dunia pendidikan tidak harus menjadi mata pelajaran tersendiri.lingkungan hidup dapat disajikan secara lintas mata pelajaran melalui pokok-pokok bahasan yang relavan.
         Dengan kata lain,pendidikan lingkungan hidup tak hanya menjadi tanggung jawab salah satu guru mata pelajaran.akan tetapi,harus menjadi tangggung  jawab  semua guru mata pelajaran.budaya cinta lingkungan penting di kembangkan karena jutaan anak bangsa kini tengah gencar menuntut ilmu di dunia pendidikan.
         Merekalah yang kelak akan menjadi penentu kebijakan mengenai penanganan dan pengolaan lingkungan yang baik.menanamkan nilai-nilai budaya cinta lingkungan kepada anak-anak bangsa di bangku pendidikan sama dengan menyelamatkan lingkungan hidup dari kerusakan yang terlihat semakin parah.
         Penanaman nilai-nilai budaya cinta lingkungan harus di mulai dari sendiri dan dari sekarang.pemerintah dalam hal ini Depdiknas,yang memiliki wewenang untuk menentukan kebijakan pendidikan ,harus MENJEMPUT BOLA agar dunia pendidikan kita mampu melahirkan generasi masa depan yang sadar lingkungan

0 komentar:

Posting Komentar