Mata pencaharian di tempat tinggal ku..



Mata pencaharian di tempat tinggal ku..
         Aku tinggal di sebuah desa pinggir laut.yaitu socah bagian pesisir.sebagian besar matapencaharian masyarakat di sini adalah seorang nelayan,namun ada juga yang berlayar.namun ada juga yang berdagang,guru serta seorang bidan.meski berbeda-beda profesi namun masyarakat tetap akur.
Tiap malam jumat,kampung ku selalu mengadakan yasinan di rumah warga dan bergilir bergantian.ketika malam sabtu nya ada pengajian khusus IPM(Ikatan Pemuda Muhammadiyah).ketika malam senin aku harus mengikuti pengajian,dan penceramah nya adalah pelatih senior silat.
        Di socah ada nama hari pasaran yang cukup terkenal.yaitu pasar Kemmisan.Ketika ada pasar kemmisan,pasar yang biasanya tdak begitu ramai,akan terlihat sesak dan penuh dengan pedang yang sibuk dengan barang dagangan nya,serta para pembeli yang sibuk dengan barang yang akan di beli nya.
          Di kemmisan ada banyak sesuatu yang di perdagangkan.seperti ular,biawak,jangkrik,berbagai jenis ayam dan burung serta berbagai jenis pakaian laki-laki dan perempuan di jual dengan obralan.namun di socah juga ada nama pasaran baru.yaitu pasar Senninan.
         Pasar ini adalah pasar yang baru saja selesai di bangun.akan tetapi pasar ini merupakan pasar hasil rehap (pasar pindahan) dari pasar yang berada di kemayoran(Senninan yang Lama).di pasar sennian juga tak jauh beda dengan pasar Kemmisan.
         Ada yang menjual Kambing,ayam dan burung.ular dan biawak pun di jual di hari pasaran ini.Jangkrik dan berbagai jenis pakaian pun di jual murah di hari pasaran ini.

0 komentar:

Posting Komentar