SENI TARI JARAN DOR(TARI KUDA LUMPING KHAS JOMBANG)

SENI TARI JARAN DOR(TARI KUDA LUMPING KHAS JOMBANG)
         Ini merupakan salah satu kesenian khas kabupateb Jombang Jawa Timur yang mungkin sudah terlupakan oleh masyarakat nya sendiri,yakni kesenian JARAN DOR.kesenian jaran dor menggunakan alat bantu berupa kuda-kudaan.kuda-kudaan tersebut terbuat dari sesek bambu sama seperti kuda-kudaan pada penari KUDA LUMPING.
         Kesenian jaran dor sebenarnya sama dengan kesenian jaranan atau kuda lumping pada umum nya.tetapi memilki sedikit perberdaan.perbedaan kesenian kuda lumping dengan kesenian jaran dor terdapat dalam gerakan penari nya dan pakaian yang dikenakan penari nya.kesenian jaran dor terkesan apa adanya.
         Gerakan dalam kesenian jaran dor merupakan perpaduan antara kesenian bela diri pencak silat.sementara kalau kesenian jaranan atau kuda lumping yang biasa kita lihat gerakan nya terkesan lebih ter-konsep seperti penari kuda lumping samboyoan.gerak penari nya pun berbada dengan para penari lain nya.
         Dari segi pakaian jaran dor juga berbeda dengan jaranan atau kuda lumping biasa nya.para penari kesenian jaran dor cukup mengenakan kaos belang horizontal warna merah putih atau merah hitam lengan panjang,celana pendek bersleret merah,berkopyah dengan sarung diikatkan pinggang tanpa adanya embel embel kerincingan.
         Sebenarnya jika kita mau menggali lagi,masih begitu kesenian atau kebudayaan lokal atau kebudayaan tradisional yang kita miliki.namun semua nya itu telah tenggelam seiring berganti nya zaman.oleh karena itu,kita sebagai generasi harapan bangsa harus melestarikan kesenian lokal yang kita miliki sejak dari nenek moyang kita terdahulu.

0 komentar:

Posting Komentar